Pelatihan Penyuluhan Anggota Baru Minpro Suluh

Sabtu, 1 November 2014. Minpro Suluh Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan pelatihan penyuluhan kepada anggota baru. Kegiatan ini berlangsung di ruang kuliah 1,2 dan 3 gedung FKH Unud.
Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Gubernur BEM FKH Unud, I Putu Angga Andika Putra. Dalam pembukaanya, ia mengatakan untuk fokus dalam mengikuti pelatihan, agar apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat mengaplikasikan langsung ke masyarakat.
Mengusung tema “Show Your Self With Words”, dengan tujuan agar peserta mengetahui cara dan kiat-kiat dalam penyuluhan. “Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, supaya peserta mampu mampu melakukan penyuluhan kepada masyarakat luas, dan seminimal mengkin berani untuk berbicara saat presentasi dengan mengunakan bahasa yang baik dan benar”, tutur Hanif Wahyu, ketua pelaksana kegiatan.
Pemateri dalam pelatihan ini adalah drh. Ni WJ Leestyawati Palgunadi, M.Si yang merupakan perwakilan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali. Dalam pemberian materi, ia mengatakan bahwa sebagai penyuluh kita harus mampu mengenali diri kita sendiri. “Karena kita sebagai pembawa pesan, kita yang harus mengerti posisi kita pada saat melakukan penyuluhan”, ucapnya.
64 peserta hadir dalam pelatihan ini, yang terdiri dari anggota baru dan anggota tetap Minpro Suluh. Salah satu peserta bernama Ni Kadek Rahayu Sewari merasa pelatihan ini bermanfaat dan semakin mengerti cara melakukan penyuluhan. “Saya semakin tahu tentang ilmu penyuluhan dan cara mengatasi gerogi saat presentasi. Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan tiap tahunnya”, ujar mahasiswa semester I ini.
Setelah diberikan materi, peserta dibagi kedalam dua kelompok, yakni kelompok yang diajarkan cara menyuluh untuk anak-anak dan kelompok yang diajarkan cara menyuluh untuk tahap remaja. Selain itu, ditampilkan video singkat tentang penyuluhan terhadap masyarakat. (Hartina)

0 Response to "Pelatihan Penyuluhan Anggota Baru Minpro Suluh"