Mengembangkan bakat jurnalistik dengan kunjungan langsung ke Kompas Gramedia


Jumat, 4 juli 2014 LPM Suara Satwa berkunjung ke perusahaan percetakan Kompas Gramedia yang berada di Jalan Prof. Ida Bagus Mantra No.88A, Ketewel, Gianyar. Percetakan Kompas Gramedia cabang Bali berfokus pada koran dan tabloid. Koran dan tabloid yang biasa dicetak antara lain : Kompas, Jakarta Post, Tribun Bali, dan beberapa permintaan iklan oleh beberapa perusahaan.

Kegiatan ini merupakan agenda yang sudah direncanakan oleh divisi pemberdayaan sumber daya manusia (PSDM) LPM Suara Satwa. Diikuti oleh 25 orang anggota, tujuan dari acara ini adalah untuk menambah ilmu jurnalistik dan pengembangan sumber daya manusia dari anggota LPM Suara Satwa itu sendiri.

Disambut hangat oleh manager dalam bidang percetakan, bapak Wayan Sutra. Ia menjelaskan tentang sejarah berdirinya gedung , pengenalan alat percetakan dan proses percetakan sebuah media cetak hingga dapat didistribusikan ke beberapa wilayah di Indonesia.
”Proses percetakan dimulai dari diterimanya berita jadi dalam bentuk softcopy yang dikirim dari kantor pusat di Jakarta. Berita jadi ini, biasanya akan diterima sekitar jam 8 malam yang kemudian akan dicetak menjadi sebuah plat untuk menjadi cetakan, kemudian mulai mencetak dari jam 9 malam hingga jam 3 pagi. Setelah Koran dan tabloid dipack dan dikemas dalam tempatnya, koran siap didistribusikan. Untuk cabang bali sendiri, didistribusikan keseluruh wilayah Bali hingga ke Banyuwangi, Lombok, dan Sumbawa ,” tuturnya.

Bapak Wayan juga berpesan bahwa sebagai jurnalistik, hendaknya menyampaikan sesuai fakta dan berimbang. “Kunci kesuksesan Kompas selama ini adalah komitmen dan menyampaikan berita dengan berimbang. Dalam pekerjaan apapun, tumbuhkanlah sinergi positif dalam berpikir,” imbuhnya.

Selain berkunjung ke percetakan, para anggota Suara Satwa juga berkunjung ke Bentara Budaya yang berada di dalam satu kawasan percetakan Kompas Gramedia untuk melihat pameran fotografi karya D.Tjandra Kirana.

Para anggota merasa senang dengan dilaksanakannya kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena menambah wawasan mengenai proses percetakan hingga pendistribusiannya ,” ujar Lidia Nofantri salah satu anggota.

Ghaiz Abriansyah selaku koordinator divisi PSDM mengungkapkan bahwa dengan kegiatan ini, anggota Suara Satwa dapat mengembangkan bakatnya dalam bidang jurnalistik dan diharapkan tidak hanya “numpang” nama dalam Sistem Kredit Partisipasi (SKP) Suara Satwa.

Pada akhir kegiatan, baik pihak Suara Satwa dan Kompas Gramedia berharap, agar kedepannya terjalin kerjasama dalam berbagai hal.

0 Response to "Mengembangkan bakat jurnalistik dengan kunjungan langsung ke Kompas Gramedia"