Veterinary Dog Festival III

Sabtu, 25 Oktober 2014 dan Minggu, 26 Oktober 2014, Minpro P-Lo Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan Veterinary Dog Festival yang ke tiga. Kegiatan ini bertempat di area parkir Fakultas Kedokteran dan lobi Gedung Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.
Dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Dr. drh. Nyoman Adi Suratma, MP. Dalam pembukaannya, ia menyampaikan bahwa pesan dari kegiatan ini adalah kesehatan serta kesejahteraan hewan menunjang kesejahteraan dan membahagiakan manusia.
Pada sabtu (25/10) diadakan lomba makan, fashion show, anjing sehat, dan lomba anatomi. Pada lomba anatomi hanya 6 ras yang diperlombakan Yakni Pug, Golden Huskey, Rottweiler, Pomerian, dan Kintamani. “Yang anatomi hanya 6 ras yang kami perlombakan, untuk lomba lain kami membuka semua breed. Pada lomba anjing sehat banyak masyarakat yang antusias mungkin karena mereka ingin menunjukkan bahwa anjing mereka sehat”, ujar AA. Istri Vera selaku ketua panitia.
Juri pada kontes anjing sehat adalah drh. Sri Kayati Widyastuti, M.Si, drh. I Wayan Gorda, M. Kes, drh. Ida Bagus Kade Suardana, M. Kes dan dibantu oleh mahasiswa PPDH. Kriteria penilaian anjing sehat mulai dari postur, sikap, suhu, rambut, kulit, kuku, pulsus, CRT, respirasi, kebersihan telinga, kondisi mulut, gigi, dan feses.
Pada Minggu (26/10) diadakan lomba olahraga anjing. Pada lomba ini, hanya anjing Pittbull yang diperlombakan, meliputi sprint run yakni menghitung kecepatan anjing berlari, spring pole yakni lomba lompatan anjing, vertical climbing yakni ketangkasan anjing melompat dengan tumpuan dinding dan weightpulling yaitu lomba menarik beban. “Pada hari kedua kami juga mengadakan lomba makan dan anjing sehat, namun hanya khusus pittbull yang kami perlombakan”, imbuh Vera.
Vera menambahkan, manfaat yang bisa diambil mahasiswa dengan adanya kegiatan ini adalah dapat memahami sifat berbagai jenis anjing yang dipelihara masyarakat. “Kita jadi tahu ras dan antusias masyarakat dalam memelihara anjing. Semoga kegiatan ini terus berlanjut setiap tahun”, harapnya.
Dalam perlombaan ini juga memperebutkan piala bergilir dengan kategori Best Of Breed Kintamani, dimana dimenangkan anjing milik NIlam, peserta yang berasal dari kabupaten Tabanan.
Dwika Pratama,salah satu peserta menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi Minpro P-Lo yang peduli akan perkinologian di Bali. “Kegiatan ini sangat bagus, Minpro P-Lo mau ikut memajukan dan mengkampanyekan anjing Kintamani sebagai trah pertama di Indonesia”, ucap Dwika.

0 Response to "Veterinary Dog Festival III"