Vetstream, Angin Segar Ditengah Keterbatasan Sumber Pustaka.

Ditengah keterbatasan sumber pustaka yang disediakan oleh fakultas, hal ini mungkin “angin segar" bagi mahasiswa FKH Unud yang butuh referensi, seiring fakultas kita mendapakan ijin untuk dapat mengakses Vetstream secara penuh. 

Apa itu Vetstream? 
Vetstream merupakan situs web yang didalamnya terdapat banyak referensi lengkap tentang dunia kedokteran hewan, meski yang diulas hanya anjing, kucing, kelinci, dan kuda. Konten yang disajikan dalam bentuk jurnal, karya ilmiah, gambar, video, audio format dan referensi lain yang telah dipublikasikan lebih dari 800 dokter hewan terkemuka di dunia.

Berawal dari kerjasama antara Federation of Asian Veterinary Associations (FAVA) dengan asosiasi kedokteran hewan di Inggris selaku pengelola Vetstream. Untuk beberapa sekolah kedokteran hewan di negara- negara Asia dialokasikasikan dapat mengakses Vetstream secara penuh.

Di Indonesia, alokasi tersebut hanya diberikan kepada Institut Pertanian Bogor dan Universitas Udayana.

“Kita sangat bersyukur mendapatkan ini. Coba bayangkan di Indonesia hanya Unud dan IPB yang dapat mengaksesnya secara penuh”,ujar drh. I Made Kardena, SKH, MVS, ketika ditemui di ruangannya.

“Akses penuh Vetstream hanya bisa digunakan di kawasan Universitas Udayana, sebenarnya bisa mengaksesnya di rumah dan tempat lain namun akses tersebut sangat terbatas”, jelasnya.

Cara mengakses Vetstream tinggal ketik "vetstream" di Google maka akan muncul link vetstream.com, klik link tersebut maka akan secara otomatis masuk dalam situs web. Untuk mengetahui tentang petunjuk penggunaannya, bisa akses di youtube, ketik vetstream user guide di kolom pencarian.

drh. Kardena mendorong dosen dan mahasiswa dapat menggunakan Vetstream secara optimal. “Kita sudah susah payah memperjuangkannya. Kedepan, agar dapat digunakan secara maksimal, bukan hanya mahasiswa strata satu, namun strata dua dan mahasiswa koas juga penting”, ajaknya.

“Dosen juga akan kami infokan”, tambahnya.

Tidak hanya mengulas tentang referensi ilmu kedokteran hewan, Vetstream juga dapat menghubungkan kita dengan dokter hewan spesialis di luar negeri yang tentunya sudah berpengalaman di bidangnya. (Tomcil)

0 Response to "Vetstream, Angin Segar Ditengah Keterbatasan Sumber Pustaka."