Memperingati Bulan Bahasa Lewat Pelatihan Jurnalistik.

Sabtu, 11 Oktober 2014. Dalam rangka memperingati bulan bahasa, LPM Suara Satwa mengadakan seminar di ruang sidang Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Bertemakan “Ilmu Pengetahuan Berawal dari Tulisan”, diikuti oleh mahasiswa yang sebagian besar berasal dari angkatan 2013 dan 2014.

drh. Mas Djoko Rudiyanto,MS sedang memaparkan materi
Materi pertama dibawakan oleh Dr. drh. I Wayan Suardana, M.Si. Ia menjelaskan mengenai sistematika penulisan, langkah-langkah pembuatan essay dari tahap awal pemilihan topik sampai tahap menulis kesimpulan dan melakukan editing serta bagaimana mendapatkan ide atau sumber untuk penulisan essay.

Materi kedua disampaikan oleh drh. Mas Djoko Rudiyanto,MS. Ia memaparkan mengenai pengenalan jurnalistik, dari apa itu jurnalistik, istilah yang dipakai, sampai dengan bagaimana struktur tulisan berita yang benar. Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana teknik wawancara yang benar, mulai dari persiapan sampai dengan proses wawancara. Ia juga menjelaskan tentang manajemen organisasi dalam sebuah lembaga pers mahasiswa.


Menurut Saiful Akbar selaku ketua panita, latar belakang diadakannya seminar ini untuk memperingati bulan bahasa yang jatuh pada bulan oktober dan dijadikan program kerja LPM Suara Satwa karena ada kaitannya dengan jurnalistik. “Hal ini juga untuk meperingati sumpah pemuda yang jatuh tanggal 28 oktober sehingga bulan bahasa diperingati pada bulan oktober ”, ucapnya.


Saiful menambahkan bahwa seminar ini juga bertujuan untuk menarik minat mahasiswa FKH UNUD dalam bidang jurnalistik. “Ilmu jurnalistik diperlukan ketika menghadapi pembuatan tugas dalam bentuk paper, atau pembuatan tulisan seperti penelitian atau skripsi supaya bisa menulis dengan baik dan benar”,tambahnya.
Salah satu peserta, Renata Saulina yang ditemui usai acara, mengatakan bahwa acara seminar ini bagus, serta membantu dalam memberikan bekal kepada mahasiswa terutama dalam bidang penulisan “Aku berharap kedepanya acaranya lebih baik lagi”, ujarnya. 


0 Response to "Memperingati Bulan Bahasa Lewat Pelatihan Jurnalistik."