Sempat Diguyur Hujan, KKV ke- XXVII Tetap Berjalan Lancar.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana melaksanakan Kuliah Kerja Veteriner (KKV) ke- XXVII selama selama tiga hari, dimulai dari Jum’at, 13 Februari 2015 sampai Minggu, 15 Februari 2015. Kegiatan yang bertempat di Lapangan Pura Puseh Asti Gebok Satak, Banjar Buungan, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli diikuti oleh mahasiswa semester awal dan mahasiswa lama yang belum mengikuti KKV.


drh. I Made Kardena, SKH, MVS, selaku Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengatakan, bahwa tujuan utama KKV adalah pendataan jumlah ternak masyarakat untuk gambaran pelayanan kesehatan ternak saat Kerja Sosial (Kersos) yang rencananya dilaksanakan pada bulan Juli. 

“Selain untuk pengenalan dunia veteriner, KKV adalah kegiatan untuk mengetahui berapa jumlah ternak yang akan dilakukan pelayanan saat Kersos nanti”, katanya.

“Dari kegiatan ini, mereka (peserta) juga dapat mengetahui bagaimana menghadapi masyarakat yang berbeda latar belakang budaya dengan mereka”, imbuhnya.

Rangkaian acara KKV ke-XXVII, pada hari pertama adalah pembukaan acara, pembersihan lokasi dan pembangunan tenda, dilanjutkan pemberian materi tentang ruang lingkup peternakan di Bangli dan penjelasan teknik pendataan ternak.

Pada hari kedua, para peserta yang telah dibagi beberapa gugus melakukan pendataan ternak menyebar ke sembilan Banjar, yakni Temaga, Linjong, Kayuamba, Maled Tengah, Meled Kutamesir, Pukuh, Tiga, Penglumbaran Kangin, Buungan, selanjutnya dilakukan diskusi dan pembahasan hasil pendataan ternak yang telah dilakukan. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan malam keakraban berupa pertunjukan dari para peserta.

Pada hari terakhir, para peserta melakukan pengabdian masyarakat, tracking dan pendalaman ilmu kedokteran hewan.
Meski sempat diguyur hujan, kegiatan KKV ke- XXVII berjalan dengan lancar. Tidak heran, jika peserta merasa kegiatan ini menyenangkan, “KKV itu asyik, mungkin sedikit terhambat karena hujan dan terkendala bahasa saat pendataan ternak. Namun KKV sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian kami dan mengetahui penyakit ternak di masyarakat”, ujar Zuraidatul Sholeha, salah satu peserta.

drh. I Made Kardena, SKH, MVS juga mengapresiasi kinerja panitia selama kegiatan belangsung. “Menurut saya, KKV tahun ini jauh lebih rapi. Walaupun masih banyak hal- hal yang harus diperbaiki”, ucapnya.
drh. I Made Kardena, SKH, MVS melepas topi dan name tag peserta sebagai simbol kegiatan usai.


Kegiatan ini resmi ditutup dengan pelepasan topi dan name tag peserta oleh Pembantu Dekan III dan Kepala Desa Tiga. (Tomcil)

0 Response to "Sempat Diguyur Hujan, KKV ke- XXVII Tetap Berjalan Lancar."