Event : KKV XXV

KKV Dimata Mahasiswa



“Mana vetronya dek?”  Melawan dinginnya udara pedesaan, para peserta KKV tetap terlihat berbaris rapi mengikuti komando panitia. Sesekali ekspresi ketegangan tergambarjelas di wajah mereka.

Bertempat didesa Pempatan Kecamatan Rendang Kabupaten Karang Asem, KKV ke-XXV sukses digelar selama dua hari. KKV (Kemah Kerja Veteriner) itu sendiri merupakan kegiatan pendidikan sebagai pengenalan awal dari profesi dokter hewan, dimana mahasiswa baru dididik dan dilatih sehingga mampu menempatkan diri di masyarakat. Ketua KKV tahun 2012, I Wayan Gunawan menuturkan bahwa KKV itu sangat penting dikarenakan bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan mahasiswa FKH UNUD.
KKV juga sangat penting untuk belajar bermasyarakat dan sadar akan lingkungan. Dari hasil wawancara perwakilan angkatan ke angkatan pun setuju bahwa KKV penting untuk diadakan di FKH Unud. “KKV memberi banyak pelajaran bagi kita, selain dapat saling menghargai satu sama lain dan sadar akan profesi seorang dokter hewan, KKV juga dapat lebih mendekatkan kita dengan lingkungan serta meningkatkan kebersamaan sesama mahasiswa,” tutur salah seorang mahasiswa angkatan 2012. Muh Sonny Fadli, mahasiswa angkatan 2009 menyatakan bahwa KKV itu sangat penting, terlebih lagi pada pendataan ternak yang kemudian akan dipergunakan untuk KERSOS. “Asal tidak ada lagi perpeloncoan yang merendahkan mahasiswa,” tambahnya.
Dalam kepanitiaan KKV ke-XXV ini banyak menemui kendala seperti keterlambatan dana dari fakultas sehingga KKV tahun ini diundur dari waktu yang telah ditentukan. Cuaca yang tidak menentu pun juga menjadi kedala yang sangat besar, karena cuaca yang buruk acara malam keakraban yang merupakan acara puncak KKV ke XXV ditiadakan.

 “Saran untuk KKV agar kedepannya lebih baik lagi dengan meningkatkan kerjasama antar panitia tanpa memandang suku dan ras. Dan waktu untuk KKV tahun ini kurang, mungkin untuk KKV tahun depan waktunya disamakan dengan KKV sebelumnya agar lebih menonjolkan manfaat KKV itu sendiri,” ujar Arga, mahasiswa angkatan 2011 yang baru saja terpilih sebagai ketua Minpro Suluh. Selain itu, ia mengungkapkan harapannya agar kedepannya mahasiswa tidak mempunyai pandangan negatif mengenai KKV.
Aulia Insani ’10/ Syahrir Ramadhan ’12/
 Resha Surya Putri’12



0 Response to "Event : KKV XXV"