Profil Suara Satwa

Suara satwa adalah suatu Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang berdiri sejak 31 desember 1984 di Denpasar-Bali. Berawal dari keinginan segenap mahasiswa Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Udayana untuk membuat suatu media komunikasi antar sesama pegiat ilmu kedokteran hewan dengan tujuan  Memberikan informasi, pendidikan, kontrol dan hiburan bagi mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Udayana khususnya dan masyarakat pada umumnya; menjalin komunikasi yang harmonis antar sesama mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Udayana; mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana disebutkan dalam UUD 1945; menyalurkan aspirasi mahasiswa; memepersiapkan kader yang kritis, kreatif, analisis dan obyektif, jujur serta bertanggunbg jawab untuk membangun bangsa dan negara. Selain tujuan-tujuan yag terdapat diatas usaha-usaha yang dilakukan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa antara lain menerbitkan majalah dengan nama Suara Satwa, menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pengkaderan, menyelenggarakan kegiatan lain yang menunjang kegiatan Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa.
Pada awalnya Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa berada dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa. Akan tetapi Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa pada tahun 1999 telah memisahkan diri dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Udayana dalam penerbiatannya, jadi sejak tahun 1999 Suara Satwa dalam penerbitannya bersifat independent. Disamping dalam penerbitannya yang independent majalah Suara Satwa sejak saat itu juga telah mendapatkan ISSN no 1411-528X sehingga yang semula hanya sebatas Surat Keputusan dari Dekan saja, tetapi sejak saat itu majalah Suara Satwa lebih kuat dalam penerbitannya.
Selama kurang lebih 20 tahun ini Majalah Suara Satwa telah menerbitkan kurang lebih 45 majalah dan dari tahun ke tahun selalu terjadi perubahan untuk menuju perbaikan dan peningkatan mutu majalah.
Telah tertulis diatas bahwa tujuan dan usaha yang dilakukan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa adalah mencetak kader-kader yang kritis dan berpikiran okyektif melalui suatu pelatihan. Pelatihan ini telah dilaksanakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa setia tahunnya dengan mengadakan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Baru (PJMB), pelatihan ini dikhususkan bagi mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dengan tujuan pencarian kader dan sekaligus mensosialisasikan bahwa betapa pentingnya kemampuan dalam bidang jurnalistik begi seorang mahasiswa.
Selain Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Baru (PJMB), Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa juga juga telah melakukan kegiatan lain berupa Latihan Kepemimpinan dan Managemen Organisasi (LKMO) yang telah dirintis sejak tahun 2004. Pengiriman delegasi untuk mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta juga telah dilakukan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa untuk meningkatkan kualitas dan keprofesionalan para pengurus Suara Satwa.
Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa juga berpartisipasi aktif dalam lomba ataupun kompetisi-kompetisi yang diadakan oleh pemerintah maupun Swasta. Sebagai salah satu contoh majalah suara satwa pernah meraih juara 2 nasional dalam bidang penerbitan majalah kampus, juara 1 penulisan berita reportase terbaik dan penghargaan-penghargaan lain yang tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu.
Suatu masalah klasik pada organisasi mahasiswa yakni sumber dana. Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa dalam melaksanakan kegiatannya( termasuik didalamnya penerbitan majalah) melakukan usaha sendiri ataupun melakukan kerjasama dengan pihak lain yang sifatnya tidak mengikat. Jadi dalam melaksanakan kegiatannya Lembaga Pewrs Mahasiswa Suara Satwa tidak dibiayai oleh pihak fakultas maupun pihak rektorat, akan tetapi Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa melakukan Usahanya sendiri dengan menjual majalah kepada para mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universiatas Udayana khususnya da mahasiswa dari fakultas lainnya serta masyarakat pada umumnya.
Metode kepengurusan dalam Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa adalah dilakukan pergantian setiap tahunya. Adapun formatur kepengurusan Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa adalah ; Pelindung Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa yakni Rektor Universitas Udayana dan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Penasehat yakni Pembantu Dekan III (bidang kemahasiswaan), Pembina yang terdiri dari para dosen FKH-UNUD yang memiliki kompetensi dibidang jurnalistik,  Pemimpin umum, Bendahara Umum, Hubungan Masyarakat, Distribusi dan Periklanan, Pengembangan Sumber Daya manusia, Sekretaris Umum. Sedangkan formatur redaksi suara satwa adalah ; Pemimpin Redaksi, Sekretaris Redaksi, Bendahara redaksi, Redaksi Pelaksana, Staf Redaksi, Reporter, Artistik dan Dokumentasi, Layouter.

0 Response to "Profil Suara Satwa"