Lomba Karya Tulis Ilmiah- Kedokteran Hewan 2014.

Minggu 2 November 2014, Minpro Vesica Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kedokteran Hewan (LKTI-KH) yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Bali. Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang lantai 1 gedung FKH Unud.
Kegiatan yang telah berjalan keempat kalinya ini, merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh Minpro Vesika sebagai bentuk kepedulian terhadap bidang ilmiah. Mengusung tema “Changing The World By Preventing Zoonotic Disease”, peserta lomba yang terdiri dari SMA/SMK se Bali-Nusa Tenggara dituntut untuk menulis karya ilmiah mengenai keberadaan penyakit Zoonosis yang terjadi di tengah masyarakat.
Lutfi Widiarta selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa LKTI-KH 2014 telah dipersiapkan sejak awal bulan Juli yaitu mulai dari tahap penyebaran surat ke sekolah hingga akhir Agustus dan dilanjutkan tahap pendaftaran dari tanggal 1 November sampai 12 Oktober. Dari sekian pendaftar, didapatkan 7 tim yang terdiri dari SMAN 1 Denpasar,dua tim dari SMAN 1 Gianyar, dua tim dari SMAN 1 Tabanan,SMAN 1 Nusa Penida, dan SMAK Harapan Denpasar.
Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Dr.drh.Nyoman Adi Suratma,MP dalam sambutannya, mengatakan bahwa Kegiatan LKTI-KH sangat bermanfaat bagi pengembangan kemampuan akademis siswa serta menambah wawasan dalam dunia kedokteran hewan.
Para peserta mempresentasikan karya ilmiah yang telah dibuat, kemudian para juri mengajukan pertanyaan mengenai karya ilmiah yang telah disampaikan. Juri dalam LKTI-KH tahun ini, adalah Dr.drh Hapsari Mahatmi,MP, Prof.Dr.drh I Ketut Berata,M.Si,dan drh.I Made Kardena,SKH,MVS.
Piala Bergilir Gubernur Bali berhasil diraih oleh oleh SMAN 1 Nusa Penida dengan judul “Upaya Penanggulangan Penyakit Rabies Desa Pangkraman dengan Target Nusa Penida Bebas Rabies “, juara II diraih oleh SMAN 1 Denpasar dengan judul karya ilmiah “Cegah dan Kendali Rabies Melalui Pendekatan dan Edukasi Kepada Masyarakat Secara Menyeluruh”, juara III diraih oleh SMAN 1 Gianyar dengan judul “Ekstrak Torobuti (lamtoro dan bawang putih) untuk Penanggulangan Penyakit Cacingan pada Ayam Buras”.
Luh Ari Devanita selaku ketua tim SMAN 1 Nusa Penida mengungkapkan kegembiraannya dan mempersembahkan hadiah perlombaan ini kepada pihak sekolah yang telah banyak membantu dan membimbing dalam penyusunan karya ilmiah. “Kami tidak pulang dengan tangan kosong ke Nusa Penida dan kami mengapresiasi lomba ini, harapan kami agar tahun berikutnya tetap dilaksanakan “ ujar Ari Devanita.
Selamat untuk para peserta, semoga keberadaan penyakit zoonosis yang terjadi di tengah masyarakat tidak hanya diperlombakan dalam karya ilmiah. Perlu tindakan dan tanggung jawab kita bersama untuk menanggulangi hal tersebut. (Jeff)

0 Response to "Lomba Karya Tulis Ilmiah- Kedokteran Hewan 2014."